Saturday, January 25, 2014

Donat Ubi Jalar empuk

Donat adalah makanan segala jaman dan segala usia,  wenak dan bikinnya juga paling gampang, asal ada bahan, jadi deh. saya kenal donat ubi biasanya pake ubi ungu, dulu waktu tinggal di bali pernah bikin sekali, biasanya pake resep donat kentang, biasanya lagi saya pake resep donat kentang ncc.
Minggu lalu bikin lagi donat  ubi jalar, karena ngiler waktu beanja di pasar maluk ubi dan singkong lagi melimpah ruah. beli langsung 4kg, itupun karena sudah capek milih. wohehehe.
besuknya langsung bikin kue kukus ubi (klupaan poto), trus brownies ubi, dan trakhir donat ubi, waaah yg dua sukses yang donatnya itu brasa terlalu keras, saya tetap pakai resep donat kentang, tapi anehnya krucil saya pada doyan banget, katanya enak, gurih mungkin ya, mereka minta buatkan lagi, lagian  penasaran pengen yang marem di ati gitu. jadi niat banget otak-atik resepnya tuh, hal yang sangat amat jarang saya lakukan.hehehe. tadaaa... Alhamdulillah hasilnya luar biasa, empuuuk sekali, mpe terharu, bodo amat factor apa, langsung dah semangat nulis hasil resepnya. biar gak lupa, maklum factor 'U' mmg berbicara .
Donat Ubi Jalar
Bahan :
- Ubi jalar (bisa kuning/ ungu)                         350gr           
- Terigu protein sedang / rendah / tinggi          350gr
  ( percobaan saya tadi saya campur, 200gr segitiga, 100gr cakra)
- Gula pasir                                                       1 sdm
- Fermipan                                                         1 bungkus
- Mentega                                                          80gr
- Susu cair                                                          75cc
- Bread improver (klo ada)                               1/2 sdt
- Kuning telur                                                    4 butir
Cara :  - campur ubi dan telur,gula fermipan,BP, dan gula mixer atau ulenin sampai bergumpal2
            - masukkan mentega , ulenin , tambahkan susu cair, kalau dirasa sudah cukup, dan tidak lengket ditangan, stop susunya, ulenin sampai kalis, diamkan sampai 30 menit.
            - ambil adonan , bulat2 , diamkan lagi,
            - goreng

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons